Berita

Berita Pendidikan dan Sekolah

SMAK Alvarez Paga

SMAK Alvarez Paga

Mudahkanlah, jangan dipersulit!

Kamis, 27 Agustus 2020 04:58

PELUNCURAN BUKU ALVAREZ

Alvarez telah meluncurkan buku pada hari rabu tanggal 26 Agustus 2020 karya pendidik dan peserta didik.

Acara ini telah dimulai satu hari sebelumnya, tepatnya pada selasa malam tanggal tgl 25 Agustus 2020 dengan tema: MENYALAKAN OBOR LITERASI

Testimoni Literasi:https://www.youtube.com/watch?v=0EcmR13ra70

 

Obor Literasi

            Acara obor literasi, diawali dengan pembacaan puisi oleh peserta didik dan pendidik SMPK dan SMAK Alvarez Paga. Karena masih dalam masa pandemi maka dalam acara ini, hanya dihadiri oleh beberapa peserta didik dan pendidik serta pegawai dengan jumlah yang terbatas dan tetap mengikuti protokol kesehatan.

          Mewakili lembaga sekolah, Kepala Sekolah SMAK Alvarez Paga, Rm. Paskalis Mame,O.Carm dalam sambutannya menyampaikan bahwa hasil karya peserta didik dan pendidik SMPK dan SMASK Alvarez telah dibuatkan dalam buku.  Buku ini merupakan kelanjutan dari kegiatan workshop pada bulan Februari 2020. Workshop tersebut berkat adanya kerjasama antara lembaga sekolah Alvarez Paga dengan Media Pendidikan Cakrawala NTT.

            Dalam testimoninya pun beliau (Rm. Paskalis) menyampaikan bahwa: saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada peserta didik dan pendidik yang telah menghasilkan karyanya melalui tulisan dalam buku tersebut dengan harapan teruslah melangkah dengan membaca dan menulis karena dengan demikian kita bisa berliterasi.

            Selanjutnya acara diakhiri dengan pembakaran obor literasi dan doa.

obor literasi

Foto: Dok. Alvarez

 

Peluncuran Buku 

            Acara peluncuran buku berlangsung pada hari Rabu, 26 Agustus 2020 dihadiri oleh tamu  undangan, antara lain Kadis PKO Kab. Sikka,  Camat Paga, Kepala Bidang SMP Kab. Sikka, Pengawas SMP Kab. Sikka, Ketua MKKS SMP Kab. Sikka, para kepala sekolah SD dan SMP, tokoh agama, Kepala Desa, tim medis dari Puskesmas Paga, para peserta didik yang terwakili dan pendidik serta pegawai SMPK dan SMAK Alvarez Paga. Dalam acara ini, jumlah peserta, tamu undangan sangat terbatas dan tetap mengikuti protokol kesehatan.

            Acara dimulai pukul 09.00 diawali dengan penyambutan para undangan dengan sapaan adat oleh Bpk Mikael Ringgi, Guru bahasa Inggris SMPK Alvarez Paga, kemudian dilanjuti dengan pengalungan kain adat (semba lio). Lalu tamu undangan diantar ke tempat duduk yang disediakan dengan iringan tarian adat lio (tarian nggo wani) dan tarian hegong oleh peserta didik.

            Dipandu oleh MC Ibu Iche Londa, Ibu Karolina Lero dan Pak Jodiaz Jando, tamu undangan diajak untuk bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya dipimpin oleh Ibu Klotilde Jauk dan doa yang dipimpin oleh Rm. Dikwan, O.Carm.

            Ibu Regina Dude, S.Pd, sebagai ketua Panitia, dalam  sambutannya menyampaikan bahwa buku merupakan sarana komunikasi yang paling berpengaruh pada perkembangan kebudayaan dan peradaban manusia. Beliau mengajak untuk mendukung karya-karya peserta didik dan pendidik lembaga Alvarez paga yakni dengan membaca buku yang telah diterbitkan tersebut. Karena ketika dengan membaca dan mulai menulis disitulah kita mengembangkan kemampuan berliterasi. Diakhir sambutannya beliau menyampaikan ucapan terima kasih yang begitu berharga kepada tim Media pendidkan Cakrawala NTT dan penerbit Moya Zam Zam Pritika yang sudah menerbitkan buku karya lembaga Alvarez Paga. Ucapan trima kasih juga ditujukan kepada Ketua Yayasan Santa Maria Karmel yang telah mendukung kegiatan tersebut sehingga bisa sampai pada acara lounching buku.

            Ketua Yayasan Santa Maria Karmel, Rm. Karolus Sola, O.Carm.,M.Pd dalam sambutannya menyampaikan profisiat untuk SMPK dan SMAK Alvarez Paga; “Anda sudah luar biasa, sudah memulai dan memaknai apa artinya belajar. Belajarlah terus supaya dunia anda dan dunia kita berubah. Anda sudah mengamini apa artinya Cogito er go sum.”

         Camat Paga, Mauritius Minggo, S.T, M.T dalam sambutannya menyampaikan bahwa proficiat kepada peserta didik dan pendidik SMPK dan SMAK Alvarez Paga yang sudah menghasilkan karya yang luar biasa dalam pendampingan tim media pendidikan cakrawala NTT. Beliau melanjutkan, ini merupakan kebanggaan bagi kita semua, walaupun berada di wilayah kecamatan tetapi hal yang berkaitan dengan pendidikan menjadi prioritas dan itu ditunjukan melalui prestasi-prestasi yang sudah dihasilkan slama ini. Banyak prestasi yang telah diukir oleh lembaga Alvarez baik akademin maupun non akademik.

            Perwakilan sekolah SMPK dan SMAK Alvarez paga yang diwakili oleh Kepsek SMPK Alvarez Rm. Octavianus Setu, O.Carm dalam sambutannya menyampaikan bahwa LITERASI merupakan sesuatu yang tidak asing bagi kita, kalau punya kemauan. Kita juga bisa menggaungkan gema literasi bagi sekolah-sekolah lain di Kab. Sikka. Dalam peluncuran buku ini tentu banyak kekurangan, tetapi kami mencoba untuk memberi dari kekurangan itu untuk sesuatu yang berharga bagi diri kita sendiri dan orang lain. Walaupun karyanya sederhana, tetap harus menjadi inspirasi dan berkat bagi semua orang. Sesuai dengan tema HUT RI, “Menuju Indonesia Maju”, maka kita harus maju dalam gerakan bersama membumikan literasi di tanah air. Teruslah melangkah membuahkan tulisan yang inspiratif dan menarik. Beliau mengajak dalam semboyan literasi : mari membaca mari menulis, Salam Literasi.

            Saat peluncuran buku. Kadis PKO Kab. Sikka, Camat Paga, Ketua Yayasan, perwakilan sekolah-sekolah, kepala desa, tokoh agama diundang menuju ke panggung untuk secara bersama meluncurkan buku. Buku resmi diluncur Kadis PKO Kab. Sikka dengan menggunting pita yang telah disediakan. Selanjutnya buku karya anak sekolah dengan judul “Pesan Rindu dari Pantai Selatan” dan karya para pendidik dengan judul “Menanam Literasi, Memanen Apresiasi” kemudian dibagikan kepada Kadis PKO Kab. Sikka dan Camat Paga. Selanjutnya diberikan kepada perwakilan sekolah-sekolah, kepala desa, tokoh agama yang telah ada bersama di atas panggung.

 

Lounching buku oleh kepdis

Foto: Doc. Alvarez

            Lembaga Alvarez dan Perwakilan Media Pendidikan Cakrawala NTT kemudian menyerahkan obor literasi kepada Kadis PKO Kab. Sikka dengan harapan agar dapat melanjutkan kegiatan literasi ini dan memotivasi sekolah-sekolah yang ada di kab. Sikka. Obor literasi pun bernyala berkobar sesuai dengan semangat para hadirin yang hadir dengan sambutan tepuk tangan yang meriah.

            Peluncuran buku dan penyerahan obor Literasi diakhiri dengan sesi pembagian buku-buku hasil karya kepada tamu undangan dan sesi foto bersama di atas panggung. Buku-buku tersebut diluncurkan dengan harga yang sangat murah yakni buku hasil karya peserta didik dengan harga Rp. 35.000,- dan buku hasil karya pendidik dengan harga Rp. 50.000.

            Sesaat kemudian, Kadis PKO Kab. Sikka, Mayela Da Cunha, S.Sos dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa dua buku ini merupakan hasil karya para peserta didik dan pendidik di lembaga Alvarez Paga, suatu apresiasi yang luar biasa. Lembaga Alvarez akan menjadi payung literasi pendidikan di Kab. Sikka. Para pendidik Alvarez akan menjadi corong dan penggerak demi berkembangnya Literasi Sikka. Mereka sudah memulai maka marilah kita mengikuti jejaknya. Guru yang gemar membaca dan menulis akan meningkatkan kompetensinya sebagai pendidik. Beliau berharap agar adanya kerja sama antara lembaga Alvarez dan formator Media Cakrawala NTT bersama-sama membangun literasi di kab. Sikka.

            Setelah sambutan Kadis PKO Kab. Sikka, formator Media Pendidikan Cakrawala NTT yang diwakili oleh Bapak Rofinus Sengkang, S.Fil menyampaikan bahwa menulis adalah bekerja menuju keabadian. Banyak para guru sebenarnya punya kemampuan untuk menulis. Tinggal bagaiman proses pendampingan sehingga bisa menghasilkan logika tulisan yang nyambung. Maka tim Media Cakrawala NTT berusaha untuk terus mendampingi para Guru agar bisa berkemampuan dalam menulis sampai pada menghasilkan suatu karya. Tujuan pendampingan adalah untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme bagi Guru dan peserta didik. Dari proses pendampingan itulah lahirlah hasil karya seperti yang sudah diterbitkan oleh lembaga Alvarez paga. Mereka berani sehingga pada hari ini mereka telah lounching 2 buku karya peserta didik dan pendidiknya. Mari berliterasi, ayo membaca, ayo menulis.

            Seluruh rangkaian acara peluncuran buku diakhiri dengan makan siang bersama dan doa penutup oleh Rm. Paskalis Mame, O.Carm.

 

Red: Humas Alvarez Paga

                     Dalam menunjang pembelajaran dari rumah (BDR), SMASK Alvarez Paga telah melaksanakan In House Training yang berlangsung pada tanggal 03 dan 04 Agustus 2020. Dengan mengangkat tema “Peningkatan Kompetensi Guru dalam Merancang Bahan Pembelajaran BDR Semester”, kegiatan ini mendatangkan dua narasumber, yakni Drs. Mikael Maran dan Ibu Muryati .

             Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan mengingat masa pandemik yang masih berlangsung. Drs. Mikael Maran selaku Narasumber dalam pembukaan kegiatan menegaskan kembali tentang pentingnya menjalankan pembelajaran mengikuti standar pembelajaran new normal. Beliau juga mengingatkan soal pendidik sebagai seorang Dirigen, dimana mampu membius dan mengarahkan siswa untuk lebih semangat dalam proses pembelajaran baik tatap muka maupun Belajar Dari Rumah. 

Pada kegiatan IHT tersebut para guru melakukan analisis KI, KD, IPK, Langkah Pembelajaran dan Penilaian. Kegiatan dilanjutkan dengan penyusunan RPP Aplikatif dan Penyusunan Bahan Pembelajaran berbentuk Modul untuk BDR. Kegiatan yang berlangsung dengan penuh antusias ini berakhir pada pukul 15.00 Wita.

7f531e0d 20ee 4c81 8b9e cf974ae44128

 Alv.doc

                           Kegiatan dilanjutkan kembali pada tanggal 05 Agustus 2020 dengan narasumber Bapak Kasianus Sapa, S.Fil selaku Operator Sekolah SMASK Alvarez Paga. Kegiatan ini merupakan implementasi dari kegiatan dua hari sebelumnya, yakni pembuatan video pembelajaran. Ini merupakan salah satu upaya SMASK Alvarez Paga untuk menunjang pembelajaran Daring dan Luring. Tahapan Materi dilanjutkan hingga presentasi dan penggunaan Google Classroom. Romo Paskalis Mame,O.Carm selaku Kepala Sekolah dalam Closing Speech juga mengingatkan bahwa pentingnya penerapan Pembelajaran New Normal berbasis media online dan Offline untuk membantu para peserta didik dan guru sendiri dalam meningkatkan kreatifitas dan Ilmu Pengetahuan. (iche/panitia)

Paga - Admin. Siswa-siswi SMASK Alvarez Paga berhasil lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2020 sebanyak 24 orang dan Seleksi Nasional Masuk Politeknik Ngeri (SNMPN) sebanyak 11 orang. Demikian disampaikan Kepala Sekolah, Rm. Paskalis Mame, O.Carm, M.Th. (09/04/2020)

Romo Kepala Sekolah menjelaskan bahwa keberhasilan ini merupakan kerja sama dari semua elemen yang ada di SMAS Katolik Alvarez Paga. Kerja sama dari guru-guru dan wali kelas yang dengan setia  memotifasi dan mengarahkan mereka. Juga kerja keras dari operator sekolah, Bpk. Kasianus Sapa dibantu Br. Angel, O.Carm yang dengan tabah membimbing siswa-siswi dari proses awal penginputan biodata siswa kelas XII dan nilai raport sampai dengan hasil yang diperoleh saat ini.   

"Kita patut bersyukur atas prestasi yang diraih ini. SMASK Alvarez Paga telah mengikuti program SNMPTN sejak tahun 2015 dan sudah menghasilkan seorang lulusan S1 dari program ini", demikian disampaikan Rm. Paskalis, O.Carm, M.Th. "Tentu saja ini menjadi tanda bahwa SMASK Alvarez Paga tidak hanya mendidik, mengajar dan membina anak selama menjadi siswa/siswi SMASK Alvarez Paga, tetapi juga memikirkan masa depan mereka setelah tamat dari lembaga pendidikan ini", lanjutnya lagi. 

 guru

Foto - Guru-Guru SMASK dan SMPK Alvarez Paga (Dok. Admin)

Nama-nama siswa yang lolos SNMPTN tahun 2020. 

  • ALBERTA NANCI LINDRAWATI: Matematika Unimor
  • YOSEFA NONA SOA: Agribisnis Univ. Borneo Tarakan
  • MARIA YOLANDA LEPE: Ilmu Perpustakaan Univ. Negeri Malang
  • Maria Yayulina Temi: Undana Pend. Biologi
  • YULIANTI BEATRIX KA: Undana Ilmu Peternakan
  • MARIA MARSELINA JEDHO: Ilmu Adm. Negara Undana
  • LUDGARDIS NATALIA KUE: Ilmu Komunikasi Undana
  • FRANSISKA RERU: Pend. Biologi Undana
  • MARIA NOVITA NORA: Pend. Bah. Inggris Undana
  • LUDVINA LIMA: Manajemen Undana
  • MARIA SHERLITA LANI: Ilmu Politik Undana
  • MARIA YASINTA DOMINIKA NORAL Manajemen Undana
  • SEISILIA YUNIARTI D. C. DAGU: Manajemen Undana
  • MARIA ANJELINA RETI: Geografi Undana
  • ELISABETH DEFEDRA MBEJO SOLA: Ilmu Hukum Undana
  • FLORIDA AGATHA LODAN: Sosiologi Undana
  • THOMASINE UMINA SII: Sosiologi Undana
  • BERGITA PEMBA Pend. Sejarah: Undana
  • AGNES THERESIA UCI: Ilmu Politik Undana
  • MARTINA NONA MAURIN: Sosiologi Undana
  • FRANSISKA MARNIYATI NDARI: Paud Undana
  • ROSALINDA MUSI OJA: Paud Undana
  • ANSELMIA PATRISIA BULE: Ilmu Politik Undana
  • BERGITA TEFINSIA DHOA: Pend. Biologi Undana

Nama-nama yang lolos SNMPN Tahun 2020:

  • Maria Delastrada Nggola D3 Manajemen Agribisnis Politeknik Pertanian Negeri Kupang
  • Familia Mbadhi D3 Manajemen Pertanian Lahan Kering Politeknik Pertanian Negeri Kupang
  • Susana Susanti Mbari D3 Manajemen Pertanian Lahan Kering Politeknik Pertanian Negeri Kupang
  • GERARDUS GELI KUA D4 Perhotelan Politeknik Negeri Kupang
  • AGUSTINA HELMINA REMBA D3 Manajemen Pertanian Lahan Kering Politeknik Pertanian Negeri Kupang
  • Fransiska Noviliana Ade D4 Penyuluhan Pertanian Lahan Kering Politeknik Pertanian Negeri Kupang
  • Rosalinda Musi Oja D3 Manajemen Pertanian Lahan Kering Politeknik Pertanian Negeri Kupang
  • MARIA KAROLINA MUKU D4 Penyuluhan Pertanian Lahan Kering Politeknik Pertanian Negeri Kupang
  • Maria Yuliana Fitriani Dua Desi D4 Pengelolaan Hutan Politeknik Pertanian Negeri Kupang
  • Bergita Pemba D4 Agribisnis Perikanan Politeknik Pertanian Negeri Kupang
  • Kostadia Yuniatri Rae D4 Penyuluhan Pertanian Lahan Kering Politeknik Pertanian Negeri Kupang

Romo Paskalis Mame, O.Carm, M.Th menyampaikan banyak terima kasih kepada siswa-siswi yang telah mengharumkan nama SMASK Alvarez Paga dan memberikan motivasi kepada yang lain untuk tetap berjuang. "Masa depan masih cerah, jangan putus asa. Bagi yang lolos, selamat berjuang. Belajar tekun dan jangan lupa berdoa", pintahnya. (ks)

Paga - SMAS Katolik Alvarez Paga, SMAS Katolik Alvarez Paga terletak di desa Paga, Kecamatan Paga, Kabupaten Sikka. Jarak dari Ibu Kota Kabupaten ± 45 Km. 

Kendati jauh dari ibu kota kabupaten, SMASK Alvarez Paga tidak mau ketinggalan dalam dunia IT. Setelah sukses menyelenggarakan UNBK selama 2 tahun dan sekarang memasuki tahun ketiga, dan sukses menggunakan erapor selama 3 tahun, SMASK Alvarez kembali melakukan gebrakan baru yakni penggunaan android sebagai sarana mengikuti ujian. 

Ujian perdana menggunakan android full offline, digunakan oleh siswa/i kelas XII dalam try out 3 dr tanggal 16 s.d 19 Maret 2020, menjelang UNBK. Peserta yang mengikuti try out sebanyak 115 orang. Karena keterbatasan sarana, maka yang menggunakan ujian android full offline hanya bisa untuk 40-an siswa. Sedangkan sisanya masih menggunakan komputer. Kendati demikian, ada kepuasan tersendiri. "Walaupun kami di kampung, tetapi kami tidak kampungan", demikian ungkap Pak Nus sebagai operator ujian. 

051b5ab3 6828 472f b230 42e7b07f14a6

Foto - Dok. Kurikulum SMASK Alvarez Paga

 

Ke depan, ujian berbasis android full offline ini akan diterapkan untuk siswa/i SMPK dan SMASK Alvarez Paga secara keseluruhan. Ini juga sebagai langkah bagus untuk mengurangi penggunaan kertas, efisiensi waktu guru post ujian karena guru tidak lagi menghabiskan waktu memeriksa hasil ujian siswa/i, guru juga mendapatkan hasil analisis ujian secara detail, dan juga penghematan biaya foto copy bahan ujian. Untuk itu, Alvarez akan membenahi sarana dan prasarana sehingga siswa/i SMPK dan SMAK Alvarez yang berjumlah mendekati 1000 orang, bisa login bersamaan untuk mengikuti ujian berbasis android full offline. 

 

Kurikulum SMASK Alvarez Paga - Red

Halaman 1 dari 2

Cari

Pengunjung

180619
Hari ini
Minggu Lalu
Bulan lalu
Semua
24
179665
2045
180619

Your IP: 3.231.230.175
2021-04-15 06:04