Berita

Berita Pendidikan dan Sekolah

(0 pemilihan)

PELUNCURAN BUKU ALVAREZ

Alvarez telah meluncurkan buku pada hari rabu tanggal 26 Agustus 2020 karya pendidik dan peserta didik.

Acara ini telah dimulai satu hari sebelumnya, tepatnya pada selasa malam tanggal tgl 25 Agustus 2020 dengan tema: MENYALAKAN OBOR LITERASI

Testimoni Literasi:https://www.youtube.com/watch?v=0EcmR13ra70

 

Obor Literasi

            Acara obor literasi, diawali dengan pembacaan puisi oleh peserta didik dan pendidik SMPK dan SMAK Alvarez Paga. Karena masih dalam masa pandemi maka dalam acara ini, hanya dihadiri oleh beberapa peserta didik dan pendidik serta pegawai dengan jumlah yang terbatas dan tetap mengikuti protokol kesehatan.

          Mewakili lembaga sekolah, Kepala Sekolah SMAK Alvarez Paga, Rm. Paskalis Mame,O.Carm dalam sambutannya menyampaikan bahwa hasil karya peserta didik dan pendidik SMPK dan SMASK Alvarez telah dibuatkan dalam buku.  Buku ini merupakan kelanjutan dari kegiatan workshop pada bulan Februari 2020. Workshop tersebut berkat adanya kerjasama antara lembaga sekolah Alvarez Paga dengan Media Pendidikan Cakrawala NTT.

            Dalam testimoninya pun beliau (Rm. Paskalis) menyampaikan bahwa: saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada peserta didik dan pendidik yang telah menghasilkan karyanya melalui tulisan dalam buku tersebut dengan harapan teruslah melangkah dengan membaca dan menulis karena dengan demikian kita bisa berliterasi.

            Selanjutnya acara diakhiri dengan pembakaran obor literasi dan doa.

obor literasi

Foto: Dok. Alvarez

 

Peluncuran Buku 

            Acara peluncuran buku berlangsung pada hari Rabu, 26 Agustus 2020 dihadiri oleh tamu  undangan, antara lain Kadis PKO Kab. Sikka,  Camat Paga, Kepala Bidang SMP Kab. Sikka, Pengawas SMP Kab. Sikka, Ketua MKKS SMP Kab. Sikka, para kepala sekolah SD dan SMP, tokoh agama, Kepala Desa, tim medis dari Puskesmas Paga, para peserta didik yang terwakili dan pendidik serta pegawai SMPK dan SMAK Alvarez Paga. Dalam acara ini, jumlah peserta, tamu undangan sangat terbatas dan tetap mengikuti protokol kesehatan.

            Acara dimulai pukul 09.00 diawali dengan penyambutan para undangan dengan sapaan adat oleh Bpk Mikael Ringgi, Guru bahasa Inggris SMPK Alvarez Paga, kemudian dilanjuti dengan pengalungan kain adat (semba lio). Lalu tamu undangan diantar ke tempat duduk yang disediakan dengan iringan tarian adat lio (tarian nggo wani) dan tarian hegong oleh peserta didik.

            Dipandu oleh MC Ibu Iche Londa, Ibu Karolina Lero dan Pak Jodiaz Jando, tamu undangan diajak untuk bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya dipimpin oleh Ibu Klotilde Jauk dan doa yang dipimpin oleh Rm. Dikwan, O.Carm.

            Ibu Regina Dude, S.Pd, sebagai ketua Panitia, dalam  sambutannya menyampaikan bahwa buku merupakan sarana komunikasi yang paling berpengaruh pada perkembangan kebudayaan dan peradaban manusia. Beliau mengajak untuk mendukung karya-karya peserta didik dan pendidik lembaga Alvarez paga yakni dengan membaca buku yang telah diterbitkan tersebut. Karena ketika dengan membaca dan mulai menulis disitulah kita mengembangkan kemampuan berliterasi. Diakhir sambutannya beliau menyampaikan ucapan terima kasih yang begitu berharga kepada tim Media pendidkan Cakrawala NTT dan penerbit Moya Zam Zam Pritika yang sudah menerbitkan buku karya lembaga Alvarez Paga. Ucapan trima kasih juga ditujukan kepada Ketua Yayasan Santa Maria Karmel yang telah mendukung kegiatan tersebut sehingga bisa sampai pada acara lounching buku.

            Ketua Yayasan Santa Maria Karmel, Rm. Karolus Sola, O.Carm.,M.Pd dalam sambutannya menyampaikan profisiat untuk SMPK dan SMAK Alvarez Paga; “Anda sudah luar biasa, sudah memulai dan memaknai apa artinya belajar. Belajarlah terus supaya dunia anda dan dunia kita berubah. Anda sudah mengamini apa artinya Cogito er go sum.”

         Camat Paga, Mauritius Minggo, S.T, M.T dalam sambutannya menyampaikan bahwa proficiat kepada peserta didik dan pendidik SMPK dan SMAK Alvarez Paga yang sudah menghasilkan karya yang luar biasa dalam pendampingan tim media pendidikan cakrawala NTT. Beliau melanjutkan, ini merupakan kebanggaan bagi kita semua, walaupun berada di wilayah kecamatan tetapi hal yang berkaitan dengan pendidikan menjadi prioritas dan itu ditunjukan melalui prestasi-prestasi yang sudah dihasilkan slama ini. Banyak prestasi yang telah diukir oleh lembaga Alvarez baik akademin maupun non akademik.

            Perwakilan sekolah SMPK dan SMAK Alvarez paga yang diwakili oleh Kepsek SMPK Alvarez Rm. Octavianus Setu, O.Carm dalam sambutannya menyampaikan bahwa LITERASI merupakan sesuatu yang tidak asing bagi kita, kalau punya kemauan. Kita juga bisa menggaungkan gema literasi bagi sekolah-sekolah lain di Kab. Sikka. Dalam peluncuran buku ini tentu banyak kekurangan, tetapi kami mencoba untuk memberi dari kekurangan itu untuk sesuatu yang berharga bagi diri kita sendiri dan orang lain. Walaupun karyanya sederhana, tetap harus menjadi inspirasi dan berkat bagi semua orang. Sesuai dengan tema HUT RI, “Menuju Indonesia Maju”, maka kita harus maju dalam gerakan bersama membumikan literasi di tanah air. Teruslah melangkah membuahkan tulisan yang inspiratif dan menarik. Beliau mengajak dalam semboyan literasi : mari membaca mari menulis, Salam Literasi.

            Saat peluncuran buku. Kadis PKO Kab. Sikka, Camat Paga, Ketua Yayasan, perwakilan sekolah-sekolah, kepala desa, tokoh agama diundang menuju ke panggung untuk secara bersama meluncurkan buku. Buku resmi diluncur Kadis PKO Kab. Sikka dengan menggunting pita yang telah disediakan. Selanjutnya buku karya anak sekolah dengan judul “Pesan Rindu dari Pantai Selatan” dan karya para pendidik dengan judul “Menanam Literasi, Memanen Apresiasi” kemudian dibagikan kepada Kadis PKO Kab. Sikka dan Camat Paga. Selanjutnya diberikan kepada perwakilan sekolah-sekolah, kepala desa, tokoh agama yang telah ada bersama di atas panggung.

 

Lounching buku oleh kepdis

Foto: Doc. Alvarez

            Lembaga Alvarez dan Perwakilan Media Pendidikan Cakrawala NTT kemudian menyerahkan obor literasi kepada Kadis PKO Kab. Sikka dengan harapan agar dapat melanjutkan kegiatan literasi ini dan memotivasi sekolah-sekolah yang ada di kab. Sikka. Obor literasi pun bernyala berkobar sesuai dengan semangat para hadirin yang hadir dengan sambutan tepuk tangan yang meriah.

            Peluncuran buku dan penyerahan obor Literasi diakhiri dengan sesi pembagian buku-buku hasil karya kepada tamu undangan dan sesi foto bersama di atas panggung. Buku-buku tersebut diluncurkan dengan harga yang sangat murah yakni buku hasil karya peserta didik dengan harga Rp. 35.000,- dan buku hasil karya pendidik dengan harga Rp. 50.000.

            Sesaat kemudian, Kadis PKO Kab. Sikka, Mayela Da Cunha, S.Sos dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa dua buku ini merupakan hasil karya para peserta didik dan pendidik di lembaga Alvarez Paga, suatu apresiasi yang luar biasa. Lembaga Alvarez akan menjadi payung literasi pendidikan di Kab. Sikka. Para pendidik Alvarez akan menjadi corong dan penggerak demi berkembangnya Literasi Sikka. Mereka sudah memulai maka marilah kita mengikuti jejaknya. Guru yang gemar membaca dan menulis akan meningkatkan kompetensinya sebagai pendidik. Beliau berharap agar adanya kerja sama antara lembaga Alvarez dan formator Media Cakrawala NTT bersama-sama membangun literasi di kab. Sikka.

            Setelah sambutan Kadis PKO Kab. Sikka, formator Media Pendidikan Cakrawala NTT yang diwakili oleh Bapak Rofinus Sengkang, S.Fil menyampaikan bahwa menulis adalah bekerja menuju keabadian. Banyak para guru sebenarnya punya kemampuan untuk menulis. Tinggal bagaiman proses pendampingan sehingga bisa menghasilkan logika tulisan yang nyambung. Maka tim Media Cakrawala NTT berusaha untuk terus mendampingi para Guru agar bisa berkemampuan dalam menulis sampai pada menghasilkan suatu karya. Tujuan pendampingan adalah untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme bagi Guru dan peserta didik. Dari proses pendampingan itulah lahirlah hasil karya seperti yang sudah diterbitkan oleh lembaga Alvarez paga. Mereka berani sehingga pada hari ini mereka telah lounching 2 buku karya peserta didik dan pendidiknya. Mari berliterasi, ayo membaca, ayo menulis.

            Seluruh rangkaian acara peluncuran buku diakhiri dengan makan siang bersama dan doa penutup oleh Rm. Paskalis Mame, O.Carm.

 

Red: Humas Alvarez Paga

Baca 454 kali Terakhir diubah pada Kamis, 27 Agustus 2020 06:52
SMAK Alvarez Paga

Mudahkanlah, jangan dipersulit!

Media

https://www.youtube.com/watch?v=0EcmR13ra70

Cari

Pengunjung

165914
Hari ini
Minggu Lalu
Bulan lalu
Semua
89
163917
11198
165914

Your IP: 3.232.96.22
2021-01-21 08:27